Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Sekitar 1.000 peserta mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai negeri, pegawai swasta, pegawai BUMN dan masyarakat umum mengikuti jalan sehat 4 kilometer untuk memperingati Hari Konsumen nasional (Harkonas) 2018.

"Jalan sehat merupakan rangkaian awal dari peringatan Harkonas 2018 untuk mengajak seluruh masyarakat Bangka Belitung menjadi konsumen cerdas di era ekonomi digital saat ini," kata Staf Ahli Menteri Perdagangan bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antarlembaga, Suhanto di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, puncak peringatan Harkonas 2018 berlangsung pada 24 April di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang.

Kegiatan diawali dengan jalan sehat dan beberapa kegiatan lain seperti pameran multi produk, seminar nasional perlindungan konsumen, dan kompetisi menulis blog, video dan vlog.

"Jalan sehat adalah rangkaian awal peringatan Harkonas yang kita gelar di Pangkalpinang, karena Babel merupakan provinsi peduli konsumen," ujarnya.

Pada kesempatan ini pemerintah mengajak masyarakat Babel untuk menjadi konsumen cerdas di era ekonomi digital. Menjadi konsumen cerdas yang teliti membeli produk dan mencermati tanggal kadaluwarsanya.

"Selain menjadi konsumen cerdas yang mandiri dan mengetahui semua hak-haknya, kita harap masyarakat Babel juga dapat meningkatkan ekonomi melalui produk-produk unggulan," ujarnya.

Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah menambahkan, kegiatan Harkonas 2018 juga dapat memotivasi masyarakat agar menjadi konsumen cerdas serta memberi magnet tersendiri untuk Babel mengendalikan semua harga produk yang ada.

"Kegiatan ini memberi dampak positif untuk masyarakat serta pemerintah agar semua harga produk terkendali sehingga kita bisa menurunkan angka inflasi," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018