Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Sebanyak 200 dari sekitar 2.350 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Panitia Lokal 24 Pangkalpinang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam seleksi masuk perguruan tingi negeri (PTN).

"Besok mereka akan mengikuti UTBK di lima laboratorium komputer di kampus terpadu Universirtas Bangka Belitung yang dijadikan tempat pelaksanaan ujian," ujar penanggung jawab pelaksanaan UTBK UBB, Ghiri Basuki di Pangkalpinang, Senin.

Demi kelancaran dan keleluasaan peserta ketika menjawab soal-soal, panitia mengisi setiap ruangan dengan 40 unit komputer yang spesifikasinya sesuai dengan ketentuan panitia SBMPTN. Setiap ruangan UTBK juga diawasi dua pengawas dan seorang teknisi komputer.

"Pagi tadi kami telah melaksanakan simulasi UTBK. Hasilnya sangat memuaskan, semua komputer siap untuk digunakan peserta. Sejauh ini tidak kami temukan kendala berarti," ujarnya.

UBB sendiri telah dua kali menggelar SBMPTN dengan UTBK, yaitu pada 2017 dengan 140 peserta dan tahun ini 200 peserta, dimana sebagian besar peserta berasal dari Pulau Bangka, Pulau Belitung dan sekitarnya.

"Mengenai jurusan, fakultas atau universitas yang mereka pilih, selain UBB sendiri, terus terang data itu belum dapat kami publikasikan. Nanti ketika hasil UTBK diumumkan, barulah kita peroleh informasi jurusan, fakultas dan atau universitas mana yang mereka pilih," ujarnya.

Sesuai aturan yang berlaku, peserta dapat mengikuti tes melalui UTBK dan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC). Para peserta juga dipersilakan memilih jurusan, fakultas dan universitas atau PTN di seluruh Indonesia.

"Perbedaan antara UTBK dan UTBC antara lain terletak pada pengisian biodata peserta, dimana untuk UTBK peserta tidak perlu mengisi biodata peserta karena sudah ada di dalam sistem UTBK itu sendiri. Ini berarti pada UTBK tidak akan ada kesalahan dalam pengisian biodata peserta," jelas Ghiri.

Sementara itu penanggung jawab lokasi UTBK UBB, Irwan Dinata meminta semua peserta agar datang ke lokasi ujian lebih awal. Selain itu, para peserta juga harus sudah mengetahui lokasi ujian mereka sehari sebelum UTBK dilaksanakan.

"Jangan sampai ketika sirene berbunyi sebagai tanda UTBK dimulai, mereka masih mencari-cari lokasi ruangan. Perlu diketahui, waktu ujian UTBK dan UTBC adalah sama, yaitu untuk ujian Saintek dimulai pukul 07.30 WIB. Sedangkan waktu Soshum dimulai pukul 10.00 WIB," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018