Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan stok sembako di gudang distributor mencukupi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Kami pastikan stok sembako cukup hingga tiga bulan kedepan, karena pasokan dari luar daerah lancar," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tanaim di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini stok beras di sejumlah gudang distributor sebanyak 5.500 ton atau cukup hingga tiga hingga empat bulan kedepan untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Stok gula pasir 1.500 ton, minyak goreng 650 ton, tepung 230 ton, kacang tanah 300 ton, kacang kedelai 250 ton dan kebutuhan masyarakat lainnya cukup, karena pasokan dari Pulau Jawa dan Sumatera berjalan lancar.

"Diperkirakan stok sembako ini akan terus bertambah, karena pengusaha pangan terus menambah pasokan untuk mengatasi lonjakan permintaan menjelang dan sesudah puasa Ramadhan," ujarnya.

Menurut dia ketersediaan sembako yang mencukupi ini berdampak langsung terhadap harga yang masih bertahan stabil.

"Saat ini permintaan sembako masyarakat masih normal dan diperkirakan mulai meningkat sepekan menjelang puasa," katanya.

Ia berharap distributor, agen dan pedagang eceran untuk tetap menjaga stok dan kelancaran distribusi, guna menjaga stabilitas harga sembako.

"Kita terus melakukan pengawasan ketersediaan stok dan perkembangan harga, sebagai mengantisipasi lonjakan harga yang akan memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu dalam menyambut puasa dan lebaran nanti," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018