Beijing (Antaranews Babel) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengadakan kunjungan ke kota Dalian di China pada pekan ini dan bertemu dengan Presiden Xi Jinping, kata kantor berita Xinhua, Selasa.

Dalam kunjungannya ke negara itu pada Senin dan Selasa, Kim mengatakan kepada Xi bahwa ia berharap pihak terkait mengambil langkah "bertahap dan selaras" untuk mewujudkan pelucutan nuklir serta perdamaian abadi di semenanjung Korea.

Xi mengadakan jamuan makan dan menyampaikan kepada Kim soal dukungannya bagi pergeseran strategis Korea Utara menuju pembangunan ekonomi, tambah Xinhua.

Kunjungan Kim itu adalah bagian dari serangkaian langkah diplomatik, yang secara tajam menurunkan ketegangan di semenanjung Korea.

Lawatan tersebut terjadi setelah Kim baru-baru ini melakukan pertemuan tingkat tinggi bersejarah dengan Presiden Korea selatan Moon Jae-in, serta menentukan rencana untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Kunjungan itu juga terjadi setelah perjalanan dramatis Kim dengan menggunakan kereta ke Beijing pada Maret, yang menjadi perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak menjalankan kekuasaan pada 2011, demikian Xinhua melaporkan.
 

Pewarta: -

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018