Jakarta (Antaranews Babel) - Aksi bela Palestina 11 Mei (Aksi 115) memicu kepadatan lalu lintas di jalan raya area sekitar Monumen Nasional, Jakarta, Jumat, yang menjadi pusat kegiatan unjuk rasa penolakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Berdasarkan pengamatan Antara, kepadatan tersebut memicu arus lalu lintas ramai lancar di jalan dari dan ke area Aksi 155 seperti di jalan raya sekitar Masjid Istiqlal baik di jalur searah dan dua arah, Jalan Kebon Sirih satu arah, Medan Merdeka Timur di kedua arah.

Puluhan mobil polisi juga nampak menjaga area Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Di ujung jalan Medan Merdeka Timur yang menjadi perpotongan dengan Medan Merdeka Selatan ditutup pagar lawat berduri dan dijaga polisi sehingga warga tidak dapat melintas jalan tersebut.

Massa terus berdatangan menuju Monas dengan sebagian besar mengenakan pakaian serba putih. Beberapa dari mereka membawa atribut bertuliskan dua kalimat syahadat dan beraneka aksesoris ikonik Palestina.

Meski Aksi 115 itu memicu penutupan jalan di Medan Merdeka Selatan, tetapi bus TransJakarta relasi Pulogadung 1 - Harmoni tetap beroperasi mengangkut penumpang yang melewati depan kantor Kedubes AS.

Aksi 115 itu merupakan unjuk rasa sebagai respons atas pemindahan ibu kota Israel ke Yerussalem yang dinilai dilakukan secara ilegal tanpa persetujuan internasional. Tindakan sepihak itu dimotori oleh Presiden AS Donald Trump yang memicu kontroversi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pewarta: Anom Prihantoro

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018