Muntok  (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Parhan Ali meminta jajaran Satuan Polisi Pamong Praja meningkatkan kesiapsiagaan agar dapat berperan dalam menciptakan ketertiban umum.

"Tingkatkan terus kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah sehingga dapat lebih profesional, kompeten dan berintegritas tinggi yang diharapkan dapat menunjang tugas pokok dan fungsi di lapangan," kata Bupati Parhan Ali di Muntok, Senin.

Dengan selalu siap siaga, menurut diam jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di daerah itu diharapkan ikut berperan dalam menjaga ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat.

Selain dalam mendukung tugas sehari-hari, saat ini juga sedang dalam persiapan pemilihan umum, Satpol PP diharapkan bisa menciptakan suasana tertib sebelum, pada saat dan setelah pemungutan suara.

Agar bisa mendukung terwujudnya situasi aman dan tertib, dia meminta Satpol PP mengembangkan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dalam rangka mencegah dan menyelesaikan potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

"Utamakan komunikasi dan jaga sinergisitas dengan mengedepankan prinsip-prinsip kearifan lokal," kata dia.

Hal ini dikatakan Parhan Ali saat apel gelar siaga dalam rangka ulang tahun Satpol PP ke-68, Satlinmas ke-56, dan Pemadam Kebakaran ke-99 di Lapangan atletik Komplek Pemkab Bangka Barat.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan Satpol PP.

Selain Bupati, pada kegiatan itu juga hadir Sekda Yunan Helmi, unsur muspida, kepala OPD, perwakilan Satpol PP Bangka Belitung, Satpol PP Kota Pangkalpinang dan tamu undangan lainnya.

Acara ditutup dengan berbagai atraksi kesiapsiagaan yang dilakukan personel Satpol PP, antara lain penanganan kebakaran, cara mengatasi kebakaran tabung gas dan atraksi penanggulangan pemadam kebakaran.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018