Muntok (Antaranews Babel) - Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyita ribuan botol minuman beralkohol berbagai merk dalam operasi cipta kondisi yang digelar menjelang bulan Suci Ramadhan.

"Selain berbagai jenis minuman beralkohol bermerk, petugas juga berhasil menyita minuman oplosan dan arak siap edar pada operasi yang digelar di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat," kata Kapolres Bangka Barat melalui Kepala Satnarkoba Iptu Ruben Isaak di Muntok, Senin.

Operasi cipta kondisi digelar rutin menjelang Ramadhan, pada tahun ini pihaknya berhasil menyita sebanyak 1.350 botol dan kaleng berisi bir berbagai merk, 58 botol minuman merk topi miring, 11 merk newport dan 68 minuman merk orang tua.

Selain itu, petugas juga berhasil menyita minuman berkadar alkohol tinggi jenis arak sebanyak 31 jerigen, 12 botol plastik arak dan 72 plastik kecil arak siap edar.

"Seluruh barang bukti tersebut disita dari penjual dan pemroduksi oleh tim operasi yang terdiri dari Satuan Resnarkoba, Sat Reskrim, Polsek Muntok, Polsek Simpang Teritip, Polsek Jebus, Polsek Kelapa, dan Polsek Tempilang," kata dia.

Pihaknya akan terus melaksanakan penertiban terhadap para penjual dan pembuat minuman beralkohol tanpa izin untuk mencegah peredaran bebas yang bisa menjadi salah satu penyebab gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Barang bukti yang disita berasal dari pelaku usaha yang tidak berizin, hal ini kami lakukan untuk mencegah peredaran minuman beralkohol saat bulan puasa," katanya.

Saat ini seluruh barang bukti dibawa ke Mapolda Babel untuk dimusnahkan.

"Operasi ini kami lakukan sebagai upaya memberikan rasa aman, tertib dan nyaman kepada warga yang akan melaksanakan puasa Ramadhan," kata dia.

Ia berharap, masyarakat proaktif berkoordinasi dan berkomunikasi dengan aparat untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan di lingkungan masing-masing. Budi Suyanto

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018