Muntok (Antaranews Babel) - Pengurus Lembaga Kelautan dan Perikanan Indonesia Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menilai pakan lele produksi kelompok budi daya "Senawar Lestari" perlu diuji mutu agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

"Kami berharap pemerintah daerah mengupayakan agar produk lokal berupa pelet pakan lele kelompok itu bisa diuji laboratorium untuk mengetahui secara rinci kandungan vitamin, protein dan lainnya," kata Direktur Lembaga Kelautan dan Perikanan Indonesia Kabupaten Bangka Barat, Suhaidir Kojek di Muntok, Jumat.

Menurut dia, pengujian laboratorium sangat diperlukan agar produk itu sesuai dengan ketentuan standar pakan lele dan bisa dijual bebas di pasaran.

"Selama ini produk pelet kelompok budi daya Senawar Lestari yang berlokasi di Kecamatan Tempilang hanya dijual kepada anggota kelompoknya untuk memenuhi kebutuhan pakan lele peliharaan sendiri," katanya.

Produk pakan tersebut belum berani dijual ke luar kelompok karena belum ada jaminan mutu dan dikhawatirkan akan merugikan konsumen.

Untuk itu ia mengharapkan pemerintah daerah membantu memfasilitasi pengujian laboratorium produk agar diketahui secara detail kandungan nutrisi yang ada sehingga jika ada kurang bisa segera diperbaiki komposisi bahan bakunya.

Jika kandungan nutrisi sudah sesuai standar, anggota kelompok bisa memproduksi dengan kapasitas lebih banyak agar bisa dijual ke pasar atau ke kelompok budi daya lain di sekitarnya.

"Kami optimistis jika digeluti sungguh-sungguh usaha tersebut akan berkembang dengan baik karena selama ini pelaku usaha budi daya lele masih mengandalkan pasokan pelet industri yang harganya cukup mahal, yaitu sekitar Rp12.000 per kilogram," kata dia.

Dengan ketersediaan bahan baku ikan rucah yang cukup melimpah di wilayah Kecamatan Tempilang, usaha pakan mandiri tersebut akan berkembang baik jika berani menjual pelet di bawah harga pasar.

"Kami mengapresiasi positif langkah kelompok Senawar Lestari memproduksi pakan mandiri yang saat ini sudah mampu memenuhi kebutuhan pakan ikan seluruh anggotanya," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018