Toboali (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memeriksa kelayakan angkutan lebaran, untuk mendukung peningkatan keselamatan dan pelayanan kepada masyarakat pada arus mudik Lebaran 2018.

"Dalam waktu dekat ini kita periksa kendaraan umum di pelataran Terminal Toboali," kata Kepala Bidang Perhubungan Darat DPUPRHUB Kabupaten Bangka Selatan Khairul di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan ini berdasarkan surat dari Menteri Perhubungan RI Nomor :AJ 403/I/9 PHB 2018 Tanggal 18 Mei 2018 Tentang Dukungan Peningkatan Keselamatan Angkutan Umum.

"Menindaklanjuti surat itu kami langsung melakukan pengecekan terhadap angkutan umum yang ada di daerah ini," ujarnya.

Menurut Khairul beberapa pihak akan terlibat dalam kegiatan ini diantaranya pihak Kepolisian dan unsur masyarakat.

"Tadi sudah kita sampaikan surat permohonan bantuan satlantas kepada pihak Polres Bangka Selatan agar dapat membantu kegiatan ini,"kata dia.

Ia mengatakan pengawasan persyaratan tehnis laik jalan terhadap kendaraan ini meliputi berbagai aspek diantaranya rem,lampu dan kelengkapan P3K.

"Apabila ditemukan kendaraan yang tidak layak jalan maka akan diberikan pembinaan dan diminta untuk melengkapi kekurangan yang ada," katanya.

Ia berharap semua kendaraan umum yang ada di daerah ini dapat hadir dalam kegiatan pemeriksaan sehingga layak untuk beroperasi.

"Semoga kondisi kendaraan yang beroperasi di wilayah ini laik jalan sesuai dengan standar tehnis yang telah ditentukan," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018