Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pasar murah daging sapi dan ayam untuk menjaga stabilitas harga komoditas itu menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Alhamdulillah daging sapi dan ayam yang disediakan habis terjual," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Toni Batubara di Pangkalpinang, Selasa.

Pada kegiatan pasar murah ini, Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel menyediakan 150 kilogram daging sapi segar dan 100 kilogram daging ayam broiler, guna menekan kenaikan harga selama puasa dan menjelang Lebaran Idul Fitri.

Sementara itu harga daging sapi yang ditawarkan kepada masyarakat sebesar Rp110.000 per kilogram atau lebih murah dibandingkan di pasaran Rp120.000 per kilogram dan daging ayam broiler Rp30.000 atau lebih murah dibandingkan harga di pasar Rp38.000 per kilogram.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mengurangi permintaan daging di pasaran dan menekan kenaikan harga menjelang lebaran nanti," ujarnya.

Menurut dia saat ini persediaan daging sapi dan ayam mencukupi untuk memenuhi permintaan masyarakat menyambut Lebaran Idul Fitri 1439 H.

"Saat ini pasokan sapi potong masih lancar dari Pulau Sumatera dan Jawa, sehingga dipastikan stok daging sapi cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan harga daging menjelang lebaran naik, karena permintaan yang mengalami peningkatan signifikan, sehingga pedagang memanfaatkan kondisi itu dengan menaikkan harga.

"Kami meminta pedagang tidak menaikkan harga sangat tinggi yang akan memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu untuk menyambut dan merayakan Idul Fitri," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018