Toboali  (Antaranews Babel) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan safari pengawasan pemilu guna meningkatkan partisipasi masyarakat menyukseskan pesta demokrasi serentak 2019.

"Kegiatan ini sebagai mendorong partipasi masyarakat mengawal dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Selatan Sahirin di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan safari pengawasan ini sebagai salah satu model dalam meningkatkan pengawasan partisipasi masyarakat untuk mengawal penyelenggaraan pemilu dan ajang silaturrahmi.

"Kegiatan ini digelar selama bulan Ramadhan maka dinamakan safari pengawasan pemilu, kemudian dilanjutkan dengan acara buka bersama dan santunan kepada anak yatim," ujarnya.

Menurut dia, saat ini sudah dua kecamatan yang dikunjungi dalam kegiatan ini yaitu Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepar Pongok dan Desa Sadai Kecamatan Tukak Sadai.

"Selanjutnya akan bertahap mengunjungi kecamatan lain yang ada di daerah ini," katanya.

Sahirin mengatakan Pemilu 2019 ini berbeda dengan pemilu pada tahun sebelumnya. Ini adalah pemilu serentak pertama pemilihan presiden dan pemilihan legislatif secara bersamaan.

"Jadi jangan coba coba untuk melakukan kecurangan karena sekarang sudah era keterbukaan,kami akan menindak tegas segala bentuk pelanggaran pemilu," ujarnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018