Pangkalpinang (Antara) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan 9.169.070 ekor ayam potong, guna mengantisipasi permintaan masyarakat menyambut Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Kami memastikan persediaan ayam potong cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Toni Batubara di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan sebanyak 9.169.070 ekor ayam potong tersebut disebarkan ke kabupaten/kota, sebagai upaya pemerintah daerah menjaga stabilitas harga menjelang lebaran nanti.

"Ketersediaan ayam potong cukup, jadi tidak ada lagi alasan bagi pedagang untuk menaikkan harga tinggi yang memberatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan ketersediaan ayam potong sekarang sudah di atas perkiraan permintaan masyarakat menjelang lebaran sebanyak 9.058.790 ekor atau 14.990 ton.

"Kita bersama tim satgas pangan terus memantau perkembangan stok dan harga daging ayam, agar masyarakat mendapatkan daging ayam dengan harga terjangkau," ujarnya.

Menurut dia apabila terjadi lonjakan harga di atas kewajaran, maka pihaknya bersama satgas pangan akan mengambil tindakan sesuai aturan berlaku, karena persediaan ayam cukup berlimpah.

"Kita sudah mengeluarkan imbauan kepada pedagang untuk tidak memanfaatkan momen lebaran ini dengan menaikkan harga tinggi yang memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini," katanya.Budi Suyanto

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018