Muntok, 2/3 (antarababel.com) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung hingga saat ini belum melakukan pencekan isi kiriman surat suara yang sudah diterima sejak Sabtu (22/2).

"Surat suara yang terbungkus kotak kardus dan sudah tiba di Kantor KPU kabupaten Bangka Barat pada seminggu lalu hingga saat ini belum dibuka segelnya, masih tersimpan di gudang dan dijaga ketat petugas KPU dan pihak Kepolisian," ujar Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat, Erika Herlina di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan, surat suara tersebut akan dibuka pada Selasa (4/3) pada saat akan dilakukan proses pelipatan surat suara, sekalgus menghitung jumlah surat suara tersebut, baik surat suara untuk pemilihan Anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan kebupaten.

"Surat suara tersebut masih aman di dalam gudang, penjagaan ini sebagai upaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat, Pardi, saat ini pihaknya sedang melakukan perekrutan tenaga lipat surat suara yang kemungkinan jumlahnya sekitar 50 hingga 60 orang.

"Rekrutmen kami lakukan ketat dan tidak melibatkan orang partai, hanya mereka yang sudah kami kenal asal usulnya dan diutamakan mereka yang sudah pernah melakukan pekerjaan tersebut pada pemilu sebelumnya untuk mempercepat proses," kata dia.

Ia menjelaskan, pada Sabtu (22/2) KPU Kabupaten Bangka Barat menerima sebanyak 513 kotak berisi surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 2014, yang terdiri dari 128 kotak berisi surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI, 128 kotak berisi surat suara DPD RI, 128 kotak berisi surat suara DPRD Provinsi Babel, 53 kotak berisi surat suara DPRD Kabupaten Bangka Barat Dapil I, 35 kotak berisi surat suara DPRD kabupaten Dapil II dan 41 kotak berisi surat suara DPRD kabupaten Dapil III.

Setelah itu, pada Rabu (26/2) KPU setempat menerima tiga kotak berisi surat suara yang akan digunakan jika nanti terjadi pemilihan ulang, paket surat suara itu terdiri dari tiga daerah pemilihan, masing-masing paket berisi 1.000 lembar.

"Dengan datangnya tiga paket surat suara tersebut berarti saat ini kami sudah menerima sebanyak 516 paket berisi surat suara yang akan digunakan untuk keperluan pemungutan suara Pemilihan Umum pada 9 April 2014," kata dia.

Ia mengahrapkan, kotak berisi surat suara yang masih tersimpan dalam gudang tersebut tidak tertukan dengan surat suara daerah lain agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan sesuai rencana, lancar dan sukses.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Donatus Dasapurna Putranta


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014