Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Pangkalbalam, Kepulauan Bangka Belitung mencatat sejak H-15 hingga H-1 Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah mencatat sebanyak 7.006 penumpang yang menggunakan transportasi laut.

"Jumlah pemudik itu terdiri dari 2.745 orang yang datang dan 4.511 orang yang pergi menaiki kapal cepat maupun kapal Roro," Kata Kepala Posko Harian Angkutan Mudik Lebaran Pelabuhan Pangkalbalam, Ferdiansyah di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, satu hari menjelang Lebaran 2018 atau H-1 ini hanya ada satu kapal cepat Ekspres Bahari 3E dengan tujuan Pulau Belitung yang beroperasi, sedangkan untuk kapal Roro dengan tujuan Tanjung Priok Jakarta sejak H-3 kemarin sudah tidak beraktivitas lagi.

"Hari ini cuma Kapal Ekspres Bahari yang beroperasi dan menurunkan penumpang dari Belitung sebanyak 211 orang dan mengangkut penumpang tujuan Belitung sebanyak 165 orang," katanya.

Menurut dia, arus mudik lebaran tahun ini di Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang bisa dikatakan berjalan lancar tanpa kendala apapun.

"Alhamdulillah proses mudik berjalan lancar dan mudah-mudahan arus balik nanti juga berjalan dengan lancar juga," ujarnya.

Dikatakannya, pada hari Lebaran pertama dan kedua tidak ada kapal roro tujuan Tanjung Priok maupun kapal cepat dengan tujuan Belitung yang beroperasi.

"Lebaran tidak ada kapal yang operasi dan arus balik dengan menggunakan kapal cepat Ekspres Bahari akan beroperasi lagi satu hari setelah lebaran, sedangkan untuk kapal Roro tujuan Tanjung Priok akan beroperasi dua hari setelah lebaran," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018