Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Harga bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai mengalami kenaikan karena biaya angkut yang masih tinggi.

"Setelah kemarin mengalami kenaikan sebesar Rp3.000 per kilogram, harga bawang merah di Pangkalpinang mengalami kenaikan lagi sebesar Rp500 per kilogram, dari Rp42.000 menjadi Rp42.500 per kilogram," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Pangkalpinang, Achmad Subekti, Selasa.

Untuk bawang merah impor mengalami kenaikan sebesar Rp5.000 per kilogram dari Rp20.000 menjadi Rp25.000 ?per kilogram.

Menurut dia, saat ini persedian bawang merah diperkirakan cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat, hanya saja biaya angkut dari daerah asal masih mahal maka mempengaruhi harga bawang merah di sejumlah pasar Pangkalpinang.

"Persediaan kita aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, hanya saja biaya angkut masih tinggi karena menggunakan pesawat," katanya.

Sementara untuk harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional yang sempat mengalami penurunan harga sebesar Rp1.000 per kilogram, hari ini mengalami kenaikan sebesar Rp6.000 per kilogram.

"Harga bawang putih mengalami kenaikan harga sekitar 25 persen dari Rp24.000 per kilogram menjadi Rp30.000 per kilogram," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018