Koba (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta para petani di daerah itu membudidayakan tanaman yang memiliki khasiat untuk pengobatan tradisional.

"Kami meminta para petani juga membudidayakan tanaman yang berkhasiat untuk mengobati dan mencegah penyakit," katanya usai menghadiri panen raya jagung milik Kelompok Wanita Tani Delima di Simpang Perlang, Senin.

Ia menjelaskan, pengobatan secara tradisional yang bahannya dari tanaman berkhasiat sangat dibutuhkan warga dan ini juga membantu dalam melakukan pertolongan pertama sebelum ditangani secara ilmu medis.

"Jangan kita lupakan tanaman obat-obatan, ini penting untuk mencegah dan menangkal penyakit agar masyarakat daerah ini tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan baik," katanya.

Bupati juga meminta para camat dan lurah mengajak serta mendorong masyarakat untuk gemar bertani menggarap lahan kosong ditanami tanaman yang mampu menghasilkan uang.

"Seperti yang sudah dilakukan KWT Delima, mereka berhasil panen raya jagung dan tentu ini mampu menghasilkan uang untuk menggerakkan roda perekonomian jika ditekuni dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah saat ini fokus mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan dengan mendorong masyarakat menggarap lahan kosong untuk ditanami tanaman yang menghasilkan.

"Di antaranya adalah tanaman hortikultura yang bisa panen dalam waktu cepat, tidak memerlukan lahan yang luas dan cepat mampu menggerakkan roda perekonomian jika benar-benar ditekuni," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018