Sungailiat (Antaranews Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat meminta masyarakat di daerah itu mengubah perilaku dengan meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mendukung sektor pariwisata agar semakin bergairah.

"Pariwisata perlu dukungan seluruh elemen masyarakat agar para wisatawan yang hadir semakin nyaman dan berkunjung kembali di lain kesempatan," katanya di Sungailiat, Jumat.

Menurut dia, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk menguatkan sektor pariwisata karena berbagai keterbatasan yang dimiliki. Untuk itu perlu peran serta aktif dari masyarakat untuk mewujudkan keinginan bersama dalam menjadikan pariwisata sebagai salah satu pilar ekonomi masyarakat.

"Masyarakat memiliki peran penting untuk ambil bagian, warga bisa ikut dengan cara dan strategi yang berbeda dalam membangun daerah," katanya.

Ia mengatakan, kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat tentunya akan semakin meringankan beban dalam membangun sektor pariwisata agar semakin bergairah.

Menurut dia, mengubah sikap dan pola hidup menjadi sadar lingkungan memegang peran penting untuk meningkatkan sektor pariwisata. Untuk itu masyarakat wajib memahaminya dengan baik, karena ke depan banyak orang luar akan hadir di daerah ini.

"Kami yakin ke depan wisata Bangka akan semakin berkembang karena potensi yang ada tidak kalah dari daerah lain di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung hal itu, seperti menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menciptakan keramahan dan tetap menjaga keamanan serta ketertiban di lingkungannya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018