Sungailiat (Antaranews Babel) - Puluhan kendaraan pribadi mengantar rombongan jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari Masjid Al Ijtihad Sungailiat menuju Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Bandara Depati Amir Pangkal Pinang.

"Ini sudah tradisi jika ada keluarga yang berangkat haji pasti banyak sanak keluarga yang melepas keberangkatannya, total kendaraan ada sekitar 70 an kendaraan pribadi," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Nasution di Sungailiat, Kamis.

Khusus para JCH yang berangkat pada kloter tujuh sebanyak 222 orang, dan pihaknya menyiapkan tiga unit bis dari Pemerintah Kabupaten Bangka, Polres Bangka dan instansi lainnya.

Hampir seluruh kendaraan dipasang tempelan tanda rombongan JCH, hal ini supaya memudahkan koordinasi di lapangan antara keluarga dan jamaah ketika berada di parkiran sebelum berangkat menuju ruang tunggu bandara.

"Kepada JCH yang telah mengikuti manasik haji semoga menjadi haji yang mabrur. Keluarga harus ikhlas dan rela serta terus berdoa agar JCH dalam keadaan sehat sehingga dapat menjalankan ibadah dengan khusuk," jelasnya.

Sementara, Penjabat Sekretaris Daerah Bangka, Akhmad Mukhsin mengatakan, apresiasi atas kinerja Kantor Kementerian Agama Bangka dan pengurus masjid dalam membina dan mengurus JCH dengan memberikan bimbingannya dalam melakukan manasik haji.

"Pelatihan dalam manasik haji selama ini agar dapat diterapkan supaya memudahkan dalam pelaksanaan haji di sana sehingga menjadi haji yang mabrur," lanjutnya.

Dia menambahkan kepada JCH agar selalu menjaga kesehatan sewaktu melaksanakan haji, dan jangan sungkan untuk melapor kepada panitia kesehatan apabila merasa sakit sehingga ibadah haji berjalan lancar.

Diharapkannya, bagi keluarga yang mengantar ke bandara dapat mengikuti aturan lalu lintas sebab dipastikan jumlah kendaraan di kawasan bandara akan bertambah seiring banyaknya sanak keluarga yang mengantar JCH dari daerah lain di Bangka Belitung.

"Sabar ketika didahului atau pun saat parkir, dipastikan hari ini bukan hanya rombongan dari Bangka saja, tapi ada dari Muntok dan daerah lainnya," tambahnya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018