Bangka Barat (Antara Babel) - Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Zuhri M Syazali mengingatkan kepala desa di daerah itu agar mampu menjadi motivator untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.


"Kepala desa dipilih masyarakat, mereka merupakan orang-orang pilihan yang dipercaya warganya, kondisi seperti ini akan memudahkan kepala desa memberikan motivasi kepada warganya untuk mengelola secara optimalkan potensi yang dimiliki," ujar Zuhri di Jebus, Selasa.


Untuk mewujudkan itu, menurutnya, kepala desa harus bekerja sama dan membangun sinergitas dengan semua pemangku kepentingan yang ada di tingkat desa, kecamatan maupun pemerintah daerah untuk memudahkan pembangunan serta mengoptimalkan sektor-sektor unggulan yang ada di desanya.


Hal ini dikatakan Bupati Zuhri pada pelantikan Kepala Desa Rukam, Kecamatan Jebus pada Selasa yang dilaksanakan di halaman SD Negeri 16, Desa Rukam yang dihadiri Wakil Bupati Sukirman, Sekda Ramli Ngad Jum dan sejumlah pejabat, serta tokoh masyarakat di daerah itu.


Ia menjelaskan, kepala desa merupakan perpanjangan tangan pemerintah daerah yang secara langsung berhubungan dengan masyarakat, untuk itu wajib untuk selalu mendukung program dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah setempat.


"Kebetulan Desa Rukam dijabat oleh kepala desa sebelumnya, ini merupakan keuntungan tersendiri karena dia sudah tahu keinginan dan karakteristik daerahnya, tinggal melanjutkan dan meningkatkan apa yang sudah dilakukan sebelumnya," kata dia.


Ia mengingatkan, pemkab setempat memiliki target mewujudkan kabupaten yang mandiri dan sejahtera dan pada 2011 telah menetapkan Desa Rukam menjadi salah satu desa mandiri di daerah itu yang memiliki potensi di bidang pertanian dan kelautan.


"Pascapenetapan desa mandiri, kami menaruh harapan besar masyarakat setempat yang didukung kepala desa dan BPD, LPM, perangkat desa mampu lebih optimal memanfaatkan potensi desa agar mampu memenuhi indikator desa mandiri, seperti kuat ekonomi, sehat badannya, tenang jiwanya dan meningkatnya kecerdasan warganya," katanya.


Sementara itu, Kepala Desa Rukam terpilih Bahtiar mengatakan ke depan akan melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya dengan mengoptimalkan semua potensi unggulan yang ada agar dapat memenuhi empat indikator desa mandiri tersebut.


"Kami tidak bisa bekerja sendiri, kami butuh dukungan semua pemangku kepentingan di desa dan partisipasi masyarakat dalam melakukan pembangunan," kata Bahtiar.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014