Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Sebanyak 515 taekwondoin dari 13 provinsi di Indonesia akan berlaga di Kejuaraan Nasional Indonesia Children Taekwondo Union (ICTU) dan Kejuaraan Wilayah Sumatera Senior-Junior Taekwondo 2018 memperebutkan Piala Gubernur I di Pangkalpinang, 4-5 Agustus 2018.

"Melalui kejuaraan ini kita memberi wadah untuk menyalurkan bakat generasi muda daerah, sekaligus mempersiapkan atlet-atlet yang akan berlaga di tingkat dunia," kata ketua pelaksana kegiatan, Supartono di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan ini adalah pertama kalinya daerah itu menggelar kejurnas dan kejurwil taekwondo.

Dari 515 peserta, 304 orang berasal dari Babel yakni dari Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka tengah, Bangka barat dan Kabupaten Belitung.

Supartono berharap atlet asal Babel dapat meraih yang terbaik dalam dua kejuaraan ini agar dapat mengasah bakat sekaligus menarik minat generasi muda lainnya untuk tidak ragu menjadi atlet taekwondo.

"Kejuaraan ini akan memberi dampak positif untuk kita melahirkan atlet baru sekaligus mempromosikan pariwisata daerah. Lebih dari 1.000 orang akan datang ke GOR Sahabuddin karena kejuaraan ini dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya masuk," ujarnya.

Kategori yang dipertandingkan dalam Kejurnas ICTU dan Kejurwil Taekwondo 2018 yakni Kyorugi ICTU A usia 6-7 tahun, ICTU B 8-9 tahun, ICTU C 10-11 tahun, dan ICTU D 12-13 tahun.

Kemudian Kyorugi Junior usia 14-17 tahun dan Kyorugi senior 18 tahun ke atas.

Selain itu ada juga kategori Pomsae yang dipertandingkan dalam empat kategori, yaitu Pomsae ICTU individu/perorangan usia 7-9 tahun dan usia 11-13 tahun. Kategori pomsae junior dan senior individu usia 14-17 tahun (junior putra/putri) dan usia 18 tahun (senior pasangan putra/putri) serta kategori team junior dan senior putra/putri (tiga atlet).

"Para pemenang akan membawa Piala Gubernur dan uang tunai serta uang pembinaan dengan total hadiah Rp10 juta," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018