Pangkalpinang (Antaranews Babel) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II melepas 23 siswa terpilih se-Bangka Belitung guna mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara selama 14 hari di Palu, Sulawesi Tengah.

"Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan pertukaran pelajar dari satu provinsi ke provinsi lainnya, merupakan salah satu program CSR BUMN, sebagai wujud kepedulian BUMN Hadir untuk Negeri," kata Deputi General Manager Operasi dan Tehnik Pelindo II Pangkalbalam, Herjuno Darpito, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan itu diinisiasi oleh Kementerian BUMN untuk seluruh provinsi di Indonesia, dengan peserta kalangan pelajar terpilih yang menjadi duta daerah.

"Kegiatan ini sengaja kita tujukan untuk para pelajar agar mereka mengenal adat istiadat, kekayaan, kebhinekaan provinsi yang ada di Indonesia, sehingga lahirlah ?jiwa nasionalisme mereka sebagai generasi penerus bangsa," ujarnya.

Sebanyak 23 siswa terpilih dari SMA/SMK se-Babel akan mengikuti kegiatan SMN selama 14 hari di Palu. Sebelum diberangkatkan ke Palu, para siswa akan bertemu dengan Menteri BUMN Rini Soemarno bersama siswa lainnya.

"Setelah bertemu dengan Ibu Menteri BUMN di Jakarta, barulah mereka kita berangkatkan ke Palu agar mereka dapat mempelajari adat istiadat, budaya, wisata, dan potensi daerah tersebut," ujarnya.

Selain mempelajari beragam keistimewaan dan kekayaan daerah Palu, para siswa asal Babel diminta mempromosikan adat istiadat, kuliner, dan wisata Babel agar dapat mengundang masyarakat Palu untuk berkunjung ke Babel.

"Kita kirim siswa kita ke Palu agar mereka dapat mempelajari kekayaan dan adat istiadat daerah itu. Sebaliknya juga kita harap para siswa ini dapat mempromosikan budaya, kuliner, dan wisata Babel ke sana agar mereka saling mengetahui bahwa Indonesia itu kaya dan beranekaragam," ujarnya.

Herjuno menambahkan setelah mengirim 23 siswa ke Palu, Babel juga siap menerima 23 siswa asal Palu yang akan datang pada Sabtu (11/8).

"Di hari Sabtu ini kita juga siap menerima siswa Palu untuk belajar adat istiadat, budaya, sejarah, wisata, dan keanekaragaman Babel," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018