Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Sebanyak 23 siswa peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Palu, Sulawesi Tengah berkunjung ke Perum LPPNPI atau lebih dikenal dengan AirNav Indonesia guna menambah wawasan tentang salah satu BUMN yang bergerak di bidang pelayanan navigasi penerbangan itu.

"Jadi anak-anak ini kami kenalkan tentang AirNav, apa itu AirNav, apa saja yang diberikan, bagaimana mengontrol pesawat berangkat atau mendarat, biar mereka merasakan dan tahu bagaimana tugas AirNav dalam menjaga wilayah NKRI," kata pimpinan rombongan Siswa Mengenal Nusantara asal Sulawei Tengah, Hermawan, di Pangkalpinang, Senin.

Kunjungan ke AirNav Indonesia Pangkalpinang itu juga untuk memberikan wawasan kepada peserta SMN bahwa dunia penerbangan itu luas, tidak hanya pilot dan pramugari saja, namun juga ada pengelola bandara dan ada pengelola navigasi penerbangan.

"Para peserta ini baru pertama kali berkunjung ke AirNav, makanya mereka sangat antusias dan senang. Yang mereka senang itu mereka bisa lihat suasana pesawat berangkat dan mendarat, itu hal yang luar biasa, karena tidak semua orang bisa ke sana," katanya.

Dikatakannya, sebelum berkunjung ke AirNav, para siswa ini hanya menduga-menduga saja, sehingga dijelaskan secara umum mulai dari jenis pelayanan hingga unit-unit yang saling keterkaitan di dalam dunia penerbangan.

"Kami berharap anak-anak ini bisa menyampaikan kepada teman-temannya, sahabat dan orang tuanya bahwa ada sebuah BUMN yang baru yang dibentuk oleh pemerintah yang tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan navigasi penerbangan, dengan misi utama yaitu bagaimana menjaga wilayah udara NKRI," katanya.

Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat menularkan pengetahuan mereka kepada teman-teman yang lain, karena semakin banyak yang tahu maka AirNav semakin dikenal.

Pewarta: Tri Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018