Tanjung Pandan (Antaranews Babel) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan proses pengangkutan sampah di objek wisata agar kebersihan lokasi objek wisata di daerah itu terjaga.

"Untuk di objek wisata kami tingkatkan setiap harinya. Itu juga rutin dilakukan apabila setelah pelaksanaan suatu kegiatan, terutama di objek wisata pantai," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Ubaidilah di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia hal tersebut dilakukan supaya kebersihan objek wisata di daerah itu terjaga baik, sehingga para wisatawan atau pelancong nyaman dan betah berkunjung ke daerah itu.

"Tempat-temppat tujuan wisata harus bebas dari permasalahan sampah sehingga orang betah berkunjung bukan sekedar pantai bagus tetapi harus bersih," katanya.

Dikatakannya, pemerintah terus melakukan upaya agar permasalahan sampah di daerah itu bisa tertangani dengan baik, diantaranya membangun tempat pembuangan sementara "reduce, reuse, recycle" (3R) dan bank sampah.

"Kami sudah bangun TPS 3R di Desa Tanjung Bunga. Jadi nanti sampah dari Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang sebelum diangkut menuju tempat pembuangan akhir (TPA) untuk dipilah terlebih dahulu," katanya.

Menurutnya sosialisasi dan kampanye juga akan terus dilakukan kepada masyarakat agar lebih peduli dan merubah perilaku untuk menjaga lingkungan dari permasalahan sampah.

"Kami akan membentuk kelompok masyarakat yang peduli dengan permasalahan sampah. Selain itu kepada para wisatawan yang menyebrang ke ?pulau harap membawa kembali sampahnya, jangan dibuang ke pulau atau laut," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018