Muntok (Antara Babel) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi dengan petugas pengawas di tingkat kecamatan guna menyukseskan Pemilu Legislatif 2014.


"Koordinasi ini digelar agar seluruh petugas pengawas semakin paham tugas pokok dan fungsinya serta bisa bekerja profesional dan proporsional sesuai tanggung jawabnya," ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Barat, Ujang Adhari di Muntok, Rabu.


Ia mengatakan, Panwaslu memiliki tugas cukup berat untuk mengawal pelaksanaan pemilu agar berjalan jujur dan adil. Melalui rapat koordinasi itu diharapkan seluruh petugas mampu melaksanakannya.

Kegiatan yang digelar di Gedung Pertemuan Sampurna itu dihadiri sebanyak 18 orang pengawas pemilu tingkat kecamatan, yang terdiri atas ketua dan anggota panitia pengawas tingkat kecamatan dari seluruh enam kecamatan di daerah itu.


"Pada pembekalan kali ini kami juga menghadirkan narasumber dari Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Provingi Babel, Bagong Susanto, Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Martono, Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu Adhi Reeza dan Divisi Pengawasan Heni Afriana," kata dia.


Ia menambahkan, hasil dari rapat koordinasi ini nantinya akan diteruskan ke panitia lapangan di tingkat desa/kelurahan.


"Hal ini kami lakukan agar ada satu pemahaman antarpengawas yang diharapkan bisa menjadi bekal saat bertugas," kata dia.


Menurut dia, seluruh panitia pengawas harus memiliki pengetahuan dan pemahaman akan tugasnya, baik pada saat minggu tenang, distribusi logistik, pada saat pemungutan dan penghitungan suara hingga penetapan hasil rekapitulasi.


Diharapkannya melalui kegiatan itu para petugas pengawas lebih siap akan tugas kepemiluannya dan bisa memberikan bimbingan teknis kepada panwas lapangan di kecamatan masing-masing.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014