Koba (Antaranews Babel) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengoptimalkan kegiatan forum warga awas pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Forum warga awas pemilu ini kami bentuk untuk mendorong dan mengajak warga berperan aktif mengawal dan berpartisipasi dalam Pemilu 2019," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Robianto di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, pihak Bawaslu secara kontinyu menyambangi warga di sejumlah desa, menyosialisasikan, mengajak dan menumbuhkan kesadaran berpolitik warga untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu.

"Kegiatan ini sangat strategis untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan juga memberikan pendidikan politik kepada warga," ujarnya.

Ia mengatakan, Pemilu 2019 merupakan penyelenggaraan pemilu serentak pertama kalinya untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota.

"Pemilu 2019 sebentar lagi akan memasuki tahapan kampanye, untuk itu masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam menyukseskannya," ujarnya.

Ia mengatakan, Bawaslu Bangka Tengah mendorong peran aktif warga dalam pengawasan pemilu untuk mendorong terciptanya Pemilu 2019 yang demokratis, bermartabat dan berkualitas.

"Pengawasan pemilu yang melibatkan masyarakat ini untuk meminimalisasi terjadinya kecurangan dalam rangka menciptakan pemilu yang demokratis serta masyarakat bisa menetapkan pilihan berdasarkan hati nurani bukan berdasarkan rupiah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018