Sungailiat (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menjalankan program Sistem Pelayanan Cepat Akurat dan Tepat Medik (Simpanan Cantik) meraih Penghargaan Top 99 Sinovik 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Program 'Simpanan Cantik' ini dilaksanakan Rumah Sakit Umum Depati Bahrin, saya mengapresiasi inovasi yang dilaksanakan rumah sakit demi memberikan pelayanan ke masyarakat," kata Bupati Kabupaten Bangka, Tarmizi Saat di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, sebelumnya Pemkab Bangka juga menerima Penghargaan SINOVIK TOP 99 yaitu pada tahun 2016 dan 2017.

Menurut dia, penghargaan ini menjadi pemicu semua instansi penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

"Inovasi ini satu-satunya aplikasi berbasis android yang bermanfaat guna mempercepat pelayanan pengobatan oleh Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) kepada pasiennya," katanya.

Aplikasi ini dimanapun DPJP berada dapat memantau kondisi pasiennya 24 jam serta dapat memberikan terapi atau advice untuk pasiennya kapanpun dan dimanapun DPJP berada.

Pemanfaatan aplikasi berbasis android ini merupakan upaya baru dalam memangkas waktu pelayanan medis kepada masyarakat.

Inovasi ini sangat luar biasa, modern sesuai zaman dan mengurangi pemakaian manual yang terpenting adalah pelayanan yang cepat, efisien dan tepat.

"Inovasi ini salah satu bentuk pembangunan pelayanan Pemkab Bangka kepada masyarakat terutama di bidang pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat tidak perlu menunggu lama tentang hasil laboratorium maupun radilogi pasien," katanya.

Inovasi pelayanan ini semakin meningkatkan kinerja dokter dalam memantau perkembangan kesehatan pasiennya.

Ditambahkannya inovasi ini dapat  mengetahui hasil aboratorium atau radiologi, sehingga pasien tidak harus kembali lagi pada keesokan harinya untuk mendapatkan penjelasan tentang hasil pemeriksaan penunjangnya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018