Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Sebanyak 39 Qori-Qoriah asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional pada Oktober 2018.

"Mereka mewakili Babel di tingkat nasional karena sudah mengikuti pelatihan dan pembinaan yang cukup maksimal, sehingga kita yakin mereka dapat mengharumkan nama Babel," kata Staf Ahli Gubernur Babel, Syahrudin saat melepas keberangkatan 39 orang Qori dan Qoriah yang tergabung dalam Kafilah Babel di Pangkalpinang, Kamis.

Pada perlombaan MTQ tingkat nasional itu, para qori-qoriah akan mengikuti cabang tilawah, hifzil, syarhil, quran, fahmil quran, dan khot.

Untuk cabang tilawah terdiri dari golongan tartil quran, anak-anak, remaja, dewasa, dan qiroat. Sedangkan cabang hifzil yakni 1 juz, tilawah 5 juz dan tilawah 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Untuk cabang syahril, qur'an putra dan putri beregu. Fahmil qur`an, putra dan putri beregu, cabang khot golongan naskah, hiasan mushab, dekorasi, dan kontemporer.

"Kita yakin perwakilan MTQ Babel dapat menorehkan prestasi terbaik disana. ?Selain itu kita harap Kafilah Babel dapat menjaga perilaku dan kesehatan selama berada di Medan, sehingga nanti bisa tampil maksimal," ujarnya.

Kepala Biro Kesra Setda Babel, Asyraf Suryadin, menambahkan, untuk masing-masing cabang dan golongan terdiri dari 2 orang peserta, kecuali fahmil dan syarhil beregu, satu regunya 3 orang.

Tahun ini, persiapan kafilah Babel lebih baik dari tahun sebelumnya, dan berbagai pembinaan serta pelatihan telah dilakukan sehingga optimis mereka dapat menunjukkan prestasi mengharumkan nama Babel.

"Dari usaha yang sudah kita lakukan, harapan kita tahun ini prestasi qori-qoriah ?bisa lebih baik dan membawa kabar gembira," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018