Koba, Babel (Antaranews Babel) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Bunda Paud) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Iriani Meilita mengajak kalangan orangtua untuk mengembangkan budaya bercerita kepada anaknya.

"Kalangan orang tua harus membiasakan diri membaca dan menceritakan apa yang dibaca kepada anak sebelum tidur," katanya di Koba, Rabu.

Iriani mengatakan itu saat mengunjungi enam lembaga Paud yang tersebar pada enam kecamatan di daerah itu dalam rangka melihat kondisi gedung, fasilitas dan pola pendidikan Paud.

"Saya juga meminta kepada orang tua untuk mengajarkan anak sesuai dengan usianya dan sering menceritakan cerita anak karena ini sangat penting untuk perkembangan otak anak," katanya.

Ia mengatakan, peran orang tua sangat besar dalam membentuk watak dan prilaku anak maka dibutuhkan orang tua yang hebat untuk melahirkan anak yang hebat pula.

"Menularkan budaya bercerita kepada anak sangat penting terutama menceritakan cerita yang penuh hikmah sesuai dengan kemampuan serta umur anak," katanya.

Ia juga mengatakan, Bunda Paud memiliki pengaruh dalam mendidik anak usia dini dengan mendidik sesuai dengan pola asuh dan usia mereka.

 "Jangan memaksakan anak untuk berpikir diluar kemampuannya. Makanya bunda-bunda Paud harus bisa mengerti dengan pola asuh anak ini," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018