Bandung, (Antara Babel) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengklaim menang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 di 18 kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat, berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan oleh internal partai berdasarkan laporan saksi-saksi di TPS.

"Dari 26 kabupaten/kota di Jabar dan kita punya basis suara di sembilan kabupaten/kota. Walaupun perolehan suara yang masuk walaupun baru 70 sampai 80 persen sudah diprediksi dari sembilan basis suara itu kita menang telak," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Tubagus Hasanudin, di Kota Bandung, Minggu.

Kesembilan basis suara PDIP di Jawa Barat tersebut, kata Tubagus, ialah Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Karawang dan Kabupaten cirebon.

"Misalnya di Majalengka pada Pemilu 2004 kita hanya meraih 10 kursi tapi sekarang bisa mencapai 18 kursi. Kemudian mungkin untuk caleg DPR RI-nya kalau tidak tiga kursi mungkin empat kursi," kata dia.

Ia menuturkan, "kejutan" lainnya yang terjadi pada Pemilu 2014 untuk PDI Perjuangan juga terjadi di sembilan kabupaten/kota yang sebelumnya bukan basis suara PDIP di Jawa Barat.

"Lalu di 17 kabupaten/kota atau diluar basis PDIP, kami sudah menguasai sembilan kabupaten/kota, yakni Kota Bandung naik 100 persen dari tujuh kursi jadi 14 kursi, kedua yang diambil alih ialah Kota Cimahi naik 120 persen dari empat menjadi sembilan kursi,"ujarnya.

Kemudian, lanjut Tubagus, kemenangan juga terjadi di Kota Cirebon, lalu di Kota Bogor dari enam kursi menjadi 10 kursi.

"Dan ini fenomena baru, kita menang di Kota Sukabumi, menang telak hampir 100 persen, di Kota Bekasi dari delapan menjadi 13 kursi, Kabupaten Bekasi dari tujuh menjadi 10 kursi, Kota Depok 120 persen dari lima kursi sekarang menjadi 12 kursi dan terakhir di Kabupaten Garut," kata dia.

Menurut dia, khusus untuk wilayah Kabupaten Garut baru pada pemilu tahun ini partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini menang telak di daerah yang terkenal dengan oleh-oleh Dodol Garut ini.

"Bisa dilihat untuk wilayah Garut juga menang, seumur-umur dalam sejarah kami Garut itu jadi icon untuk parpol lain, tapi di Pemilu 2014 ini kami menang. Di Garut naik 150 persen," katanya.

Pewarta:

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014