Sungailiat, (Antara Babel) - Pemungutan suara ulang di tempat pemungutan suara (TPS) 03 Desa Tiang Tara, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjalan lancar dan diikuti 284 pemilih dari total 333 mata pilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Anggota Panitia Pengawas Kecamatan Bakam, Sudarlan di Sungailiat, Selasa, menyebutkan, pemungutan suara ulang untuk memilih calon DPRD Provinsi tersebut berjalan lancar dengan tingkat partisipasi mencapai 85 persen lebih.

 "Jumlah pemilih yang datang ke TPS 03 pada pemungutan suara ulang ini justru lebih banyak dibanding sebelumnya (Rabu, 9/4) yang hanya diikuti 277 pemilih," ujarnya.

Pemilihan suara ulang di TPS 03 Desa Tiang Tara dilakukan karena 19 lembar surat suara untuk caleg DPRD Provinsi Bangka Belitung di TPS itu tertukar dengan surat suara untuk Kabupaten Bangka Barat.

Pelaksanaan pemungutan suara ulang itu sendiri dimulai tepat pukul 07.00 sampai 13.00 WIB.

Menurut Sudarlan, pihaknya tidak menemukan dugaan pelanggaran politik uang atau pelanggaran pemilu lainnya pada pemungutan suara ulang tersebut.

"Saya melihat pelaksanaan pemungutan suara ulang sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

Terkait tingginya tingkat partisipasi pemilih, menurut dia, lebih dipengaruhi kesadaran masyarakat di desa itu yang mayoritas petani untuk menyampaikan hak suaranya.

Sementara itu, anggota Panwaslu Kabupaten Bangka, Ilham juga menyatakan pihaknya tidak menemukan pelanggaran dalam bentuk apa pun pada pelaksanaan pemungutan suara ulang di TPS 03 Desa Tiang Tara.

"Saya melihat pelaksanaan pemungutan suara ulang di TPS 03 sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak ada pelanggaran yang terjadi," katanya.

Diakuinya, sebelumnya Panwalu dan Panwascam telah meningkatkan pengawasan di desa itu untuk mengantisipasi pelanggaran pemilu.

"Kita bersyukur pemungutan suara ulang di TPS 03 Tiang Tara berjalan sesuai yang diharapkan," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014