Pangkalpinang (Antaranews Babel) - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusulkan pemerintah provinsi untuk membangun museum Tokoh Pejuang Kemerdekaan Pulau Bangka, Depati Amir yang ditetapkan pemerintah sebagai pahlawan nasional.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengkaji Peneliti Gelar Daerah (TP2GD) dan Pemprov Kepulauan Babel yang telah mampu memperjuangkan Depati Amir menjadi pahlawan nasional," kata Ketua DPRD Kepulauan Babel Didit Srigusjaya di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan pembangunan museum Depati Amir ini, karena tanpa adanya museum ini dikuatirkan eforia kepahlawanan ini akan habis di sini.

Selain itu, pembangunan museum ini untuk mengingatkan kembali dan memberikan pelajaran kepada generasi sekarang, bagaimana perjuangan para pahlawan daerah ini memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

"Kami menargetkan pada 2020 museum Depati Amir dan pejuang kemerdekaan daerah ini sudah mulai dibangun," katanya.
 
Menurut dia museum ini nantinya tidak hanya tentang perjuangan Depati Amir, tetapi tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan yang berasal dari Pulau Bangka dan Belitung.

"Saat ini nilai-nilai rasa nasionalisme generasi muda sudah mulai pudar. Oleh karena itu, DPRD dan pemerintah daerah harus mampu membangkitkan kembali nasionalisme masyarakat khususnya generasi muda daerah ini," katanya.

Ia menambahkan bangsa ini merdeka bukan karena pemberian, tetapi perjuangan para pahlawan yang mengorbankan jiwa, raga, harta dan keluarga untuk merebut kemerdekaan.

"Saya berharap Dinsos segera menyampaikan hal ini kepada Gubernur Kepulauan Babel, agar pembangunan museum ini segera direalisasikan," katanya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Babel, M Aziz Harahap mengatakan segera menyampaikan usulan pembangunan museum Depati Amir kepada Gubernur Kepulauan Babel.

"Besok kita akan segera melaporkan usulan pembangunan museum Depati Amir ini kepada Gubernur Kepulauan Babel," katanya. 
     

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018