Sungailiat (Antaranews Babel) - Pihak Polair Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat di wilayah pesisir mengawasi keamanan dan ketertiban laut.

"Saya mengajak seluruh masyarakat terutama di wilayah pesisir pantai untuk bersama-sama mengawasi keamanan dan ketertiban laut," kata Kapolres Bangka, AKBP. M Budi Ariyanto melalui Kasatpolair AKP. Elpiadi di Sungailiat, Rabu.

Diakuinya, masyarakat pesisir berada diposisi terdepan dalam peranan pengawasan keamanan pantai atau laut.     
                                         
"Anggota masyarakat pesisir mulai dari nelayan maupun pelaku usaha perikanan tangkap adalanya secepatnya melaporkan ke pihak pos keamanan laut terdekat jika mengetahui adanya upaya ancaman pelanggaran keamanan dan ketertiban laut," jjelasnya.

Pengawasan wilayah geografis maritim yang cukup luas kata dia, harus ditangani secara terpadu dan berkesinambungan baik antar penegak hukum, penegak hukum dan masyarakat maupun keterlibatan pemangku kepentingan pada sektor itu.

Perairan laut tidak hanya memberikan potensi sumber daya hayati dan sumber daya alam namun juga sebagai sarana infrastruktur moda penyeberangan dengan berbagai jenis kegiatan angkutan.

"Peran Polair dalam memberikan perlindungan dan pengayoman, memberikan hak keleluasan bagi masyarakat untuk menyampaikan aduan atau laporan terkait masalah keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Jangan sungkan atau takut melapor kepihak kami jika mendapati masalah ancaman keamanan," jelasnya.

Dia optimis, melalui kerjasama semua pihak yang semakin kokoh, sektor kemaritiman secara bertahap mampu memberikan konstribusi kesejahteraan masyarakat .

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018