Koba, (Antara Babel) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) daerah pemilihan (Dapil) Bangka Tengah, sudah memastikan kadernya untuk duduk di kursi DPRD Provinsi Bangka Belitung dalam Pemilu Legislatif 2014.

"PDIP Bangka Tengah justeru mampu meraih dua kursi DPRD Provinsi Bangka Belitung, Golkar dan PPP masing-masing meraih satu kursi," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah Suryansyah di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, PDIP unggul seluruh atau enam kecamatan di Bangka Tengah yait Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Namang, Simpang Katis, Sungai Selan dan Kecamatan Pangkalan Baru dengan total perolehan 23.518 suara.

Kemudian disusul Partai Golongan Karya sebesar 15.665 suara dan PPP dengan perolehan 11.903 suara, sementara dua kursi lagi kemungkinan akan diraih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Hasil akhirnya bisa ditentukan setelah ditetapkan dalam rapat pleno terbuka KPU Bangka Tengah yang digelar hari ini, Minggu (20/4)," ujarnya.

Namun berdasarkan data hasil rekapitulasi rapat pleno dari enam PPK di Kabupaten Bangka Tengah, dua partai peserta pemilu yaitu PAN dan PKB berpeluang untuk merebut masing-masing satu kursi DPRD Provinsi Bangka Belitung.

PAN dan PKB berpeluang dengan suara tunggu yang jumlahnya cukup besar yakni PAN sebanyak 4.578 suara dan PKB dengan jumlah suara sebanyak 4.060 yang sebelumnya sempat bersaing dengan Partai Gerindra yang finish diangka 3.804 perolehan suara.

Data PPK dari enam kecamatan menyebutkan, jumlah suara sah sebanyak 79.222 suara dan suara tidak sah sebanyak 8.884 suara dengan total partisipasi pemilih atau surat suara yang terpakai secara keseluruhan sebanyak 88.106 suara.

Suara sah dari Kecamatan Koba sebanyak 16.918 suara, Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 11.854, Kecamatan Sungai Selan sebanyak 15.363 suara, Kecamatan Simpang Katis sebanyak 10.979 suara, Kecamatan Pangkalan Baru sebanyak 16.746 suara dan Kecamatan Namang sebanyak 7.362 suara.

Ketua PPK Koba Miliyadi mengatakan, melihat dari total suara yang sah maka Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) daerah pemilihan Bangka Tengah kemungkinan bisa mencapai 13.204 suara per kursi.

"Angka itu bisa diperoleh dari perhitungan jumlah suara sah sebanyak 79.222 suara dibagi jumlah kursi sebanyak enam kursi," jelasnya.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014