Pangkalpinang,  (Antaranews Babel) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung fokus melaksanakan program perbaikan dan pemeliharaan jalan provinsi di Membalong Belitung untuk meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur di daerah itu.

"Program ini akan kami laksanakan tahun depan, khusus unuk kawasan strategis pembangunan nasional yakni di Belitung karena disana ada kawasan ekonomi kepariwisataan," kata Kepala Dinas PUPR Babel, Noviar Ishak di Pangkalpinang, Rabu.

Pemprov Babel dipercaya menjalankan program PRIM untuk meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur, khususnya perbaikan dan pemeliharaan jalan provinsi yang masuk dalam kawasan strategis pembangunan nasional.

Di Babel ada 121 kilometer jalan yang masuk kawasan strategis pembangunan atau jalan provinsi, dari panjang jalan tersebut 13 kilometer masuk peningkatan atau pelebaran dan 108 kilometer pemeliharaan rutin setiap tahun.  

Program PRIM akan berjalan selama tiga tahun, mulai 2019 secara bertahap dengan total anggaran Rp260 miliar, pada tahun ini sudah dimulai menggunakan dana talangan APBN untuk peningkatan jalan sepanjang 13 kilometer di Membalong. 

"Jika pengerjaan di tahun pertama ini bagus, maka akan lebih mudah untuk melanjutkan hingga 2021 karena adanya jaminan dananya ada dan akan terus bertambah secara bertahap hingga Rp260 miliar selama tiga tahun," ujarnya.

Noviar menambahkan, untuk proses pengerjaan dalam PRIM ini prosesnya sama dengan proyek lain, pada Desember 2018 proses tender sudah berjalan agar sebelum Maret 2019 sudah ada kontrak dan proyek mulai dikerjakan. 

"Kami harap kontraktor yang mengikuti lelang dan yang menang nantinya adalah kontraktor yang memang kredibel dan berkualitas sehingga dapat meningkatkan kualitas Belitung sebagai tujuan wisata," katanya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018