Pangkalpinang, (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melatih dan mendampingi pelaku UMKM mitra binaan PT Timah Tbk, sebagai upaya meningkatkan daya saing produk usaha kecil di daerah itu.

"Awal 2019 kita bersama PT Timah melatih dan mendampingi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, agar mampu bersaing di pasar internasional," kata Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Provinsi Kepulauan Babel  Elviyena di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan pelatihan dan pendampingan ini, agar arah program CSR PT Timah lebih fokus memberdayakan usaha mikro kecil menengah dan koperasi di daerah ini.

"Kita menginginkan bantuan modal usaha yang diberikan PT Timah berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Jangan sampai dana bantuan yang disalurkan setiap tahunnya tidak termanfaatkan dengan baik oleh penerima bantuan," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama PT Timah akan segera melakukan pendataan UMKM dan koperasi yang menjadi mitra binaan dan mendapatkan bantuan perusahaan berplat merah ini.

"Saya sudah berkoordinasi dengan PT Timah dan mereka sangat menyambut baik dengan program pendampingan serta pelatihan manajemen usaha, pengemasan produk hingga pemasaran produk UMKM ini," katanya. 

Kabid Humas PT Timah Tbk, Anggi Sihaan mengatakan siap mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan SDM pelaku UMKM.

"Ini salah satu bentuk sinergitas PT Timah dengan pemerintah daerah dalam memajukan usaha kecil dan menengah di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia pelatihan tidak hanya dalam penggunakan informasi teknologi, tetapi juga pelatihan manajemen usaha, peningkatan kualitas produk dan lainnya yang dibutuhkan pelaku usaha dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas produk.

"Saat ini kami menampung aspirasi dan masukan dari pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas usaha," ujarnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018