Sungailiat, (Antaranews Babel) - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) cabang Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, minta nelayan penerima bantuan kapal dan alat tangkap untuk dapat dimaksimalkan guna membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

"Saya minta seluruh nelayan penerima bantuan kapal penangkapan dan alat tangkap yang tergabung dalam kelompok, untuk dapat memaksimalkan penggunaannya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata Ketua HNSI Kabupaten Bangka, Ridwan di Sungailiat, Jumat.

Menurutnya, bantuan pemerintah untuk nelayan baik yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), ABPD provinsi dan APBD kabupaten bertujuan sama yakni membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan sehingga taraf ekomoni nelayan penerima bantuan meningkat.

"Satu hal yang saya tekankan bagi nelayan penerima bantuan, agar jangan dijual  dengan alasan apapun," jelasnya.

Pihaknya akan membantu menfasilitasi bagi nelayan yang akan membentuk kelompok nelayan atau Kelompok Usaha Bersama (KUB) karena bantuan pemerintah disalurkan harus melalui kelompok yang disahkan oleh pejabat pemerintah daerah setempat.

"Sesuai ketentuannya, penyaluran bantuan pemerintah tidak perorangan melainkan untuk kelompok bersama," ujarnya.

Sebagai organisasi nelayan kata dia, pihaknya juga akan membantu program pemerintah terkait pembangunan kemaritiman terutama sektor perikanan tangkap.

Dia mengatakan, sebagian besar nelayan di daerah setra produksi menggunakan kapal penangkapan masksimal 10 gross ton dengan berbagai jenis alat tangkap yang sah. 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018