Koba, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menjadikan Kelurahan Simpang Perlang sebagai percontohan program "kampong sehat".

"Simpang Perlang ini akan kami jadikan percontohan realisasi program kampong sehat (kampung sehat) karena masyarakatnya sudah peduli dengan lingkungan dan kesehatan," kata    Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara komunal yang digagas oleh kelompok swadaya masyarakat Maju Lestari semakin mempertegas bahwa kelurahan tersebut layak menjadi percontohan kampung sehat.

"Mereka berhasil membangun IPAL komunal, dari mereka dan untuk mereka. Pola pikir masyarakat seperti ini yang kami harapkan karena bisa membuat daerah lebih cepat maju," katanya.

Ibnu berpesan masyarakat dapat menjaga, memilihara dan memanfaatkan IPAL itu dengan baik sebagai bukti bahwa warga setempat memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjaga lingkungan dan kesehatan.

"Partisipasi masyarakat Kelurahan Perlang patut diapresiasi karena mampu mempercepat derap langkap pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia juga mengatakan, salah satu jalan di Kelurahan Simpang Perlang bisa menjadi percontohan untuk kampung sehat.

"Berikutnya nanti digalakkan kegiatan penghijauan, perbanyak tempat sampah dan buat secara kreatif, sehingga kampung ini tampak semakin indah dan berseri," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018