Medan, (Antaranews Babel) -  Kodam I/Bukit Barisan memberikan bantuan sebesar Rp911 juta untuk korban bencana alam tsunami di Provinsi Banten dan Provinsi Lampung.

"Pemberian bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian terhadap korban bencana yang terjadi di Indonesia, walaupun bencana itu tidak berada di wilayah Kodam I/BB," kata Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah, saat melepas pemberangkatan bantuan korban tsunami Banten-Lampung di Makodam I/BB, Medan, Kamis.

Pangdam atas nama seluruh prajurit, PNS dan keluarga besar Kodam I/BB mengucapkan duka cita dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah bencana alam tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung, serta beberapa daerah sekitarnya.

"Semoga arwah para korban diterima di sisi Allah SWT, dan para korban yang selamat senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menerima cobaan ini," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban penderitaan para korban bencana tsunami, sehingga mereka dapat bangkit kembali dan menjalani kehidupan secara layak.

Bantuan tersebut, terkumpul dari sumbangan seluruh prajurit dan PNS Kodam I/BB, serta kerja sama dengan beberpa mitra.

"Terima kasih kepada seluruh prajurit, PNS, dan mitra Kodam I/BB.Semoga ini menjadi amal ibadah ibadah kita, di sisi Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Fadhilah menyebutkan, pengumpulan bantuan itu, masih terus bergulir, dan untuk sementara yang diperoleh itu yang disalurkan ke lokasi bencana dengan dana dibagi dua, yakni ke Banten dan Lampung.

"Bantuan yang saat ini yang diperlukan antara lain makanan, air bersih, selimut dan perlengkapan lainnya," kata mantan Kapuspen TNI itu.

Sementara, Kapendam I/BB Kolonel (Inf) Roy Hansen J Sinaga menambahkan, bantuan kemanusian Kodam I/BB ini, akan disalurkan sebesar Rp520 juta untuk korban tsunami di Banten, dan Rp409.438.500 untuk korban tsunami di Lampung.

Tim bantuan korban tsunami Banten, menurut dia, dipimpin Letkol (Kav) Ferry Lae, dan Mayor (Inf) Bambang untuk wilayah Lampung.

"Selain itu, juga melibatkan dua staf Pendam I/BB dalam tim, yakni untuk Banten Kalaknis Pendam I/BB Mayor (Arm) Edi S, dan untuk wilayah Lampung Kasi Medtak Pendam I/BB Mayor (Inf)  Yamin Sohar," kata Roy.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019