Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, minta seluruh masyarakat menjaga kelestarian pohon yang ditaman Yayasan Bangka Alam Lestari (YBAL).

"Saya minta masyarakat menjaga kelestrian pohon yang ditanaman oleh yayasan Bangka Alam Lestari baik pohon pelindung maupun pohon buah-buahan," kata Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Perekonomian, Dawami saat memberikan sambutan penanaman pohon di Bukit Rebo oleh Yayasan Bangka Alam Lestari bekerjasama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sigambir Kotawaringin, di Sungailiat, Senin.

Dia mengakui, sejumlah kawasan hutan perlu dilakukan penanaman pohon karena terjadi kerusakan dengan berbagai sebab baik faktor alam atau ulah manusia.

Pemerintah Kabupaten Bangka, mendukung penuh pihak YBAL dan KPH Sigambir Kota Waringin yang peduli dengan kelestarian lingkungan.

Sementara Ketua Yayasan Bangka Alam Lestari, Ahung mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan di awal tahun ini merupakan kegiatan lanjutan pada 27 Januari 2018.

"Kami menanam lebih kurang 1.000 pohon buah-buahan di Bukit Rebo, selain melakukan perbaikan kawasan hutan juga diharapan dapat bermanfaat hasilnya bagi masyarakat," jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya juga akan melakukan penanaman pohon jenis trambesi disepanjang kiri kanan jalan Lintas Timur yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dengan Kota Sungailiat.

"Untuk mempertahankan agar tanaman tetap tumbuh subur, kami akan melakukan pemeliharaan rutin seperti penyiraman pada saat tanaman masih kecil maupun pemupukan," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019