Toboali, Babel (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer mengapresiasi petugas kebersihan atau Pasukan Kuning dan Hijau yang ada didaerah itu, karena berkat kerja keras dan dedikasi mereka Bumi Junjong Besaoh mendapatkan Piala Adipura yang kedua kalinya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat khususnya pasukan kuning, semua kerja keras bangun pagi-pagi kejalan terbayar dengan diraihnya Piala Adipura kedua," Kata Justiar Noer di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan sampai saat ini Bangka Selatan telah mendapatkan penghargaan Adipura sebanyak empat kali yang berupa 2 Sertifikat dan 2 piala.

"Hasil ini sudah lumayan baik, namun jika kita bisa mendapatkan lima kali berturut turut maka itu hasil yang luar biasa karena Bangka Selatan akan mendapatkan Piala Adipura Kencana," Katanya.

Untuk merealisasikan cita-cita tersebut, Bupati mengajak masyarakat bersinergi untuk menjaga lingkungan termasuk OPD dan sekolah.

"Untuk di tingkat OPD agar mengurangi sampah, saya minta sekda buat surat edaran agar rapat tidak menggunakan air kemasan lagi, cukup gunakan gelas sehingga bisa membantu mengurangi intensitas sampah," katanya.

Sedangkan untuk tingkat sekolah, Dinas pendidikan diminta untuk mengeluarkan surat edaran kepada setiap sekolah untuk memberlakukan sistem yang sama.

"Saya minta dinas ingatkan sekolah untuk menghimbau orang tua membawa air minum dengan botol untuk anaknya seperti waktu kita dulu," Katanya.

Selain itu, jika ada event yang besar baik berupa hiburan atau apapun bentuknya jika melibatkan pasukan kuning namun tidak memberikan kontribusi kepada mereka lebih baik dibatalkan saja.

"Jangan sampai mereka bekerja sampai diluar jam kerja, namun tidak ada kontribusi, jika demikian batalkan saja acara tersebut," katanya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Selatan, Gatot Wibowo mengatakan petugas kebersihan sangat berkontribusi besar dalam peraihan Adipura kali ini.

"Dengan dorongan masyarakat dan pasukan kuning kami sangat bersyukur dengan adanya penilaian dari KLHK Toboali mendapatkan adipura kategori kota kecil, namun dalam esensinya sendiri hal ini menjadi motivasi bagi kita semua dalam memelihara kebersihan dan pengelolaan sampah dengan baik," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019