Manggar, Babel (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh memaparkan empat program strategis dalam rapat koordinasi (rakor) Gubernur Babel bersama bupati/walikota se- Babel di Kabupaten Belitung Timur, Rabu (16/1) hingga Kamis (17/1).

"Kami memaparkan empat program strategis berikut dengan berbagai kendala yang dihadapi dan butuh dukungan Pemprov Babel," ujarnya dalam rapat tersebut.

Empat program strategis yang dipaparkan bupati tidak ada menyinggung persoalan pertambangan bijih timah. Empat program strategis tersebut yaitu sektor kemaritiman, pertanian dan pekebunan, percepatan penyelesaian Perda dan regulasi penjualan lada agar harga kembali naik.

"Sektor pertanian kami terus mendorong peningkatan produksi bawang merah dan mendorong kenaikkan harga gaharu karena di luar negeri harganya jauh lebih tinggi," ujarnya.

Kemudian kata dia, kualitas lada juga harus ditingkatkan untuk bisa mendongkrak harga dan meminta dukungan Pemprov Babel untuk menyalurkan bibit unggul.

"Sementara sektor kemaritiman kami berupaya membangun dermaga kapal nelayan dan gudang pendingin serta penyimpanan ikan agar tangkapan nelayan meningkat, harga tinggi dan bisa diolah untuk industri pengolahan," ujarnya.

Ia mengatakan, implementasi dari semua program strategis tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama mereka yang tinggal di pedesaan.

"Pembangunan di berbagai sektor yang kami lakukan adalah pembangunan partisipatif atau pembangunan berbasis masyarakat dengan mengajak masyarakat untuk lebih kreatif dan berinovasi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019