Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Budi daya udang menjadi bidang usaha yang berpeluang mampu mendorong meningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya melihat, budi daya udang cocok untuk dikembangkan karena sesuai dengan karakteristik alam di Pulau Bangka, dan sektor ini dinilai mampu meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Pengusaha budi daya udang asal Kabupaten Bangka Agung Setiawan di Sungailiat, Jumat.

Menurut dia, pertumbuhan budi daya udang mulai nampak diminati sejumlah pelaku usaha karena nilai penjualan cukup tinggi serta permintaan pasar cukup besar.

"Budi daya udang hampir merata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai dari di Belinyu di Kabupaten Bangka yang arealnya cukup luas, Kabupaten Bangka Tengah, dan rencananya dikembangkan pula di Bangka Selatan," katanya.

Ia mengatakan, budi daya udang yang diminati untuk dikembangkan pelaku usaha adalah jenis udang vaname yang bisa dibudidayakan pada air tambak mau pun genangan air payau.

Berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, jumlah pembudidaya untuk udang jenis vaname itu sebanyak 1.497 orang yang tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Selatan, Bangka Barat, dan Belitung.

Udang jenis tersebut memang cukup mudah untuk dipelihara karena memiliki daya tahan yang terbilang bagus karena tahan akan serangan penyakit, hama, dan cuaca.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019