Muntok, (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung belum menjadwalkan penetapan calon anggota terpilih dan perolehan kursi partai politik yang akan menjadi legislator di kabupaten itu.

"Kami belum menggelar rapat internal komisioner KPU, tapi yang pasti jadwal penetapan calon terpilih antara 11 hingga 13 Mei 2014," ujar Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Rabu.

Ia menjelaskan, KPU setempat sampai saat ini belum menggelar rapat internal untuk menentukan jadwal penyelenggaraan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih.

"Secara keseluruhan perolehan suara dan calon anggota terpilih tidak mengalami perubahan seperti hasil rapat pleno penetapan hasil suara yang digelar beberapa waktu lalu," kata dia.

Selain itu, kata dia, 25 orang caleg dari sembilan parpol yang diprediksi akan menjadi anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat periode 2014-2019 juga tidak mengalami perubahan.

Ia mengatakan, adanya riak-riak, temuan dan laporan ke Panwaslu setempat yang terjadi sesudah penetapan penghitungan suara juga tidak mempengaruhi kemungkinan penetapan 25 caleg tersebut.

"Pada pleno terbuka nanti kami akan menetapkan sebanyak 25 orang dari sembilan parpol tersebut, masing-masing dari PKS lima orang, PDI Perjuangan empat orang, Hanura, Demokrat dan Partai Golkar masing-masing tiga orang, Gerindra, Nasdem dan PAN masing-masing dua orang dan PBB satu orang," kata dia.  
    
Ia mengatakan, KPU pada pleno tersebut hanya akan menetapkan perolehan suara bagi parpol dan suara terbanyak calon anggota legislatif setiap parpol.

"Untuk menentukan Ketua DPRD Kabupaten bukan kewenangan kami, namun menjadi kewenangan parpol bersangkutan," kata dia.

Ia menabahkan, pada rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon anggota legislatif terpilih, pihaknya akan mengundang unsur forum koordinasi perangkat daerah dan pengurus parpol, bukan para calon anggota legislatif terpilih.

"Kemungkinan besar rapat pleno terbuka tersebut akan kami gelar di hari terakhir, yaitu pada 13 Mei 2014," katanya.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014