Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - KPU Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat terutama pada pemilih pemula di tingkat SMU sederajat di daerah itu.

Komisioner KPU Bangka Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Hartati di Sungailiat, Rabu mengatakan sosialisasi kepemiluan pada tingkat SMA sederajat dilakukan melalui program pergi ke sekolah "Goes To School".

"Kami menyelenggarakan sosialisasi kepemiluan pada pemilih pemula melalui program `Goes To School` guna meningkatkan angka partisipasi pemilih pada pemilu serentak yang dilaksanakan 17 April 2019," jelasnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini dilakukan di beberapa sekolah tingkat SMU termasuk di SMAN 1 Puding Besar yang diikuti kurang lebih 100 siswa-siswi dari sekolah itu.

Materi kepemiluan yang disampaikan berupa pentingnya arti pemilu bagi pemilih pemula, tanggal dan waktu pemungutan suara, parpol dan peserta pemilu serta jenis dan warna surat suara.

"Kami mengajak adik-adik pelajar bisa menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 serta bisa membantu KPU menyampaikan informasi pemilu ini kepada keluarganya," jelasnya.

Saat sosialisasi itu dilakukan simulasi kegiatan pencoblosan suara pada hari H. Siswa-siswi didaulat menjadi petugas KPPS dan pemilih agar mereka mendapat gambaran suasana hari pemungutan suara nanti.

Menurut salah satu peserta sosialisasi, Aprilia?menyampaikan rasa senang mengikuti kegiatan ini karena mendapatkan pengetahuan tentang kepemiluan.

"Saya berusia 17 tahun, dan bagi saya pemilu ini adalah pemilu pertama, saya juga senang karena mendapat ilmu yang bermanfaat," katanya.

Aprilia mengajak teman-temannya yang sudah memiliki hak pilih termasuk masyarakat lainnya agar pemilih yang cerdas, yang menggunakan hak pilih bukan karena dipengaruhi orang lain, memilih pemimpin anda dengan mengusung asas luber jurdil.

Acara sosialisasi itu dihadiri perwakilan SMAN 1 Puding Besar, Veri Al Akram dan Ketua PPK Abdul Rosid serta Panwascam Firdaus.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019