Sungailiat, Bangka (Antaranews Babel) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menerima surat dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) meminta kepada daerah-daerah yang memiliki kemampuan anggaran untuk mengusul formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

"Namun formasi P3K terbatas pada tiga kategori saja, hanya untuk tenaga honor kategori dua (K2) yakni guru yang belum lulus berdasarkan data base BKN, PTT Kementerian Kesehatan yang belum lulus pada tahun 2017 dan Tenaga Harian Lepas Penyuluh Pertanian (THL P2) dari Kementerian Pertanian," kata Kepala BKPSDMD Kabupaten Bangka, Surtam A Amin di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, untuk P3K di Kabupaten Bangka berdasarkan surat dari Kemenpan-RB ada sebanyak 23 orang, yakni 13 orang tenaga guru dan 10 orang THL P2, sedangkan untuk formasi PTT Kemenkes tidak ada lagi yang belum diangkat.

Menurut dia, data ini belum pasti masih klarifikasi dengan BKN, karena terdapat perbedaan antara data BKPSDMD dengan yang disebutken Kemenpan-RB.

"Hari ini ada petugas kami ke Jakarta untuk klarifikasi data itu," katanya.

Perekrutan P3K bukan untuk pelamar dari masyarakat umum karena edisi terbatas bagi tiga kriteria itu, dan untuk tenaga pertanian baru dirakorkan di Jakarta.

Ditambahkannya, untuk formasi PHL PP di Kabupaten Bangka yang belum lulus P3K masih ada beberapa orang, untuk P3K dari K2 guru ini cukup rumit bukan hanya mantan honor K2 tetapi harus memiliki ijazah sarjana satu yang linier.

Misalnya guru K2 yang mengajar di sekolah dasar maka S1 PGSD atau S1 pendidikan guru agama atau olahraga di SD. Namun jika ijazah S1 guru matematika di SMP maka tidak bisa ikut retrutmen P3K.

"Diinformasikan untuk K2 guru yang sudah berhenti mengajar tidak bisa ikut P3K, tidak hanya itu P3K ini juga harus lulus tes seleksi kompetensi dasar, kompensi bidang, sosial kultural yang dites dalam satu paket setelah itu baru ikut tes wawancara," katanya.

Dan bagi ketiga kategori tersebut jika datanya sudah pasti boleh mendaftar retrutmen P3K mulai tanggal 10 hingga 16 Februari 2019.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019