Tanjungpandan, Belitung (Antaranews Babel) -  Produk olahan dari perkebunan Kopi di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, cukup diminati oleh sejumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung di daerah itu.

"Untuk produk hasil olahan kopi kini sudah tersedia dan bisa dibeli di kios penjualan oleh-oleh. Rata-rata produk olahan kopi robusta cukup diminati oleh wisatawan," kata Penyuluh Pertanian, Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Belitung Timur, Dedi Kurniawan, di Manggar Senin.

Menurut dia, produk olahan kopi yang berasal dari daerah itu terdiri dari tiga varian yakni Kopi Belitong Original, Kopi Joss Belitong, dan Kopi Jahe Belitong dengan masing-masing produk memiliki karakterteristik dan cita rasa kopi tersendiri.

Dikatakannya, produk olahan kopi itu berhasil diperolehnya dari perkebunan kopi milik masyarakat yang dikelola secara mandiri dan mendapatkan pendampingan dari penyuluh pertanian di daerah itu.

"Saat ini masih kami kirimkan ke luar untuk proses pengolahan namun nanti pemerintah daerah berencana akan membangun pabrik pengolahan kopi jadi bisa diolah di sini langsung," katanya.

Ia mengatakan, suksesnya budidaya perkebunan kopi di daerah itu sejalan dengan julukan daerah itu sebagai kota 1001 warung kopi serta budaya minum kopi telah menjadi kebiasaan keseharian masyarakat di daerah itu.

"Ini sangat baik bagi pariwisata. Selain kami memiliki julukan Kota 1001 Warung Kopi kami juga memiliki tugu kopi dan sekarang kami punya kopi yang bisa kami hasilkan sendiri," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019