Sebanyak 90 orang kepala sekolah (Kepsek) se-Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) penguatan kompetensi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka.

"Diklat penguatan kompetensi kepsek ini diikuti sebanyak 90 orang terdiri dari 82 orang kepsek SD dan delapan orang kepsek SMP baik negeri dan swasta se-Kabupaten Bangka," kata Ketua Pelaksana Kegiatan Diklat Kepsek, Edward di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, diklat penguatan kompetensi merupakan salah satu bentuk pemenuhan atas tuntutan Peraturan Menteri dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 06 Tahun 2018 tentang Penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Menurut dia, dalam Permendikbud diwajibkan bagi setiap kepala sekolah mulai jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk  memiliki surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan (STTPP) kepala sekolah.

"Diklat dilakukan melalui dua program, yaitu penyiapan calon kepala sekolah (bagi guru yang akan diangkat sebagai kepala sekolah) dan yang kedua penguatan kompetensi kepala sekolah bagi kepala sekolah yang sudah duduk lama dalam jabatan tetapi belum memiliki sertifikat," katanya.

Ia menambahkan, diklat tersebut terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai LPD penyiapan dan penguatan kepala sekolah.

Diklat ini untuk kegiatannya dengan pola in service training dengan alokasi waktu 71 jp atau tujuh hari dari tanggal 4 Maret - 10 Maret 2019. Dengan tenaga pengajar berjumlah lima orang berasal dari widyaiswara LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Peserta diklat akan menerima materi tentang lima kompetensi kepala sekolah yaitu kepribadian, sosial, manajerial, supervisi GTK dan kewirausahaan," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019