Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilatih melakukan penghitungan suara agar mampu melaksanakan tugasnya pada Pemilu 2019.

"Simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil pemilu kepada seluruh PPK ini kami harapkan mampu meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan administrasi pada saat pemilu nanti," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Kamis.

Simulasi tersebut merupakan salah satu materi yang disampaikan pada bimbingan teknis yang digelar KPU setempat diikuti seluruh PPK dari enam kecamatan di daerah itu.

Menurut dia, peningkatkan keterampilan itu diberikan karena tugas para PPK pada pemilu kali ini cukup berat, mulai dari persiapan pencoblosan hingga usai menggelar rapat pleno hasil penghitungan suara.

"Pada pemilu kali ini ada lima lembar surat suara untuk setiap pemilih, berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya, untuk itu dibutuhkan kesabaran dan kecermatan lebih agar tugas bisa selesai dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Bimbingan teknis dilaksanakan selama tiga hari penuh dengan narasumber para petugas dari Kantor Sekretariat KPU kabupaten setempat dan para komisioner.

Selain pratik langsung pemungutan dan penghitungan, para peserta juga diberikan materi pengisian berbagai formulir dokumen atau berkas yang harus diisi pada proses pemungutan suara.

"Kami berharap dengan pelatihan yang akan dilaksanakan tersebut para petugas semakin mumpuni dalam menjalankan tugasnya dan mampu meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan," katanya.

Untuk memastikan seluruh proses berjalan dengan baik, pihaknya tetap akan melakukan pendampingan pada proses pemungutan suara yang akan digelar pada 17 April 2019.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019