Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap surat suara pemilu serentak tiba di daerah itu pada 17 Maret 2019.

"Beberapa logistik pemilu sudah kami siapkan, hanya tinggal pendistribusian dan sekarang menunggu surat suara dengan harapan tiba di KPU pada 17 Maret 2019," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah, Rusdi di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, jika surat suara itu datang lebih awal maka lebih banyak waktu untuk melakukan penyortiran dan pelipatan sebelum didistribusikan.

"Untuk penyortiran bisa melibatkan masyarakat, bisa juga memberdayakan staf di KPU atau melibatkan para relawan demokrasi," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini berdasarkan informasi bahwa surat suara pemilu serentak pada 17 April 2019 sudah selesai dicetak dan tengah proses pengiriman.

"Tentu kami menunggu surat suara karena logistik lainnya seperti kotak suara sudah selesai dirakit dan tinggal pendistribusian," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya saat ini sedang fokus melakukan sosialisasi terkait dengan kepemiluan kepada para pemilih pemula untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kami menargetkan partisipasi pemilih di atas 70 persen, maka perlu dilakukan sosialisasi secara gencar dengan melibatkan berbagai pihak," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019