Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh mengatakan peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang akan memperbanyak investasi masuk sehingga berdampak baik bagi kemajuan pariwisata di daerah itu.

"Yang pasti seperti itu investasi-investasi nantinya akan lebih banyak masuk di KEK Tanjung Kelayang," katanya di Tanjung Pandan, Kamis.

Peresmian tersebut, kata dia, menandakan bahwa KEK Tanjung Kelayang sah secara operasional sehingga  otomatis  pembangunan - pembangunan yang sedang berjalan di kawasan KEK Tanjung Kelayang saat ini akan lebih dipercepat.

"Saat ini Sheraton hotel progres pembangunannya sudah hampir selesai. Sebentar lagi Sofitel hotel juga akan masuk," ujarnya.

Dikatakannya, pengembangan suatu KEK membutuhkan proses dengan waktu yang cukup lama mulai dari persyaratan administrasi, kelengkapan dokumen-dokumen, serta dukungan infrastruktur dasar seperti jalan, listrik, air dan jaringan telekomunikasi.

Ia menilai, KEK Tanjung Kelayang saat ini merupakan salah satu KEK  tercepat yang ada di Indonesia mulai dari penetapan status sampai dengan peresmian operasional kawasan ekonomi khusus tersebut.

"Biasanya kalau KEK yang lain apabila sudah lengkap baru diresmikan kalau KEK kita pembangunan dulu yang dimulai baru peresmian operasional," katanya.

Ia berharap melalui persemaian KEK Tanjung Kelayang tersebut geliat pariwisata di daerah itu akan lebih maju seiring dukungan investasi yang akan segera masuk.

"Sekarang sudah ada progres-progresnya mudahan-mudahan nanti juga investasi lainnya akan cepat masuk," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019